Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Wednesday, August 10, 2011

Cara Membuat Situs Wap (Wen.Ru)

by Nur Cilacap  |  in tips and tricks at  1:18 PM

Mungkin kamu pernah terpikir untuk membuat sebuah wapsite.
Wapsite adalah situs yang biasanya ditampilkan di browser ponsel, oleh karena itu biasanya tampilan wapsite lebih sederhana dibandingkan tampilan website atau weblog. Dan untuk membuat/mengedit sebuah wapsite bisa dilakukan hanya dengan menggunakan handphone.
Salah satu penyedia jasa layanan wapsite yang saya suka adalah wen.ru. Syarat agar bisa membuat wapsite di wen.ru anda diharuskan untuk menguasai bahasa hal wml, html, &n xhtml. karena hampir semua halaman wapsite wen.ru memerlukan ini.
Ya ini sedikit tentang cara atau petunjuk dasar dalam membuat situs wap.
Kamu mungkin telah mengenal dunia maya atau sudah memiliki page di friendster dan facebook namun disini kamu akan lebih jauh lagi memperdalam pengenalan kreasi kamu sendiri tentang sebuah situs wap.
Untuk membuat wapsite kamu tidak harus memiliki alamat email valid, tidak harus punya komputer, dll. Kegunaan email di sini hanya sebagai alamat tujuan bila penyedia layanan wapsite menyampaikan sesuatu yang berhubungan dengan wapsite anda. Kalau kamu daftar atau regristrasi, kamu masuk ke http://wen.ru via HP atau http://wen.ru/html via PC.
----------------
[LOGO]

Coçäaé câoé WAP-caéň çäecü!
Make your WAP-site here!

×ňo ýňo? | What is it?
Ďo÷eěy âűáčpaţň íac?
Ďpaâčëa čcďoëüçoâaíč'
31.12 Hoâocňč ďpoeęňa
* * *
Peăčcňpaöč'
Registration
=======
Óďpaâëeíče caéňoě
Site management
* * *
Ôopyě
Ďoěoůü(FAQ)
Áaííepooáěeíía' ceňü
Oápaňía' câ'çü
* * *
Çapeăčcňpčpoâaío:
Bceăo: 104592
Ceăoäí': 1244

[wml] | [html]

----------------
Setelah masuk di wen.ru seperti di atas kamu klik link Registrasion, selanjutnya akan muncul halaman agreement atau keterangan yang isinya adalah persetujuan dan harus kamu setujui, klik Next>> terus. Setelah kamu baca semua agreement tersebut lalu pilih [Agree], jika kamu klik [Not Agree] maka kamu tidak setuju untuk daftar situs wap di wen.ru. Nah, dari 16 Agreements, nomor 12 perlu anda perhatikan:
yang artinya:
"Situs dapat dihapus secara otomatis dan tanpa ada peringatan sebelumnya dalam kasus ketika pemiliknya tidak menggunakan online-editor atau koneksi FTP untuk 45 hari atau tidak ada setidaknya satu pengunjung di situs selama 7 hari. Menimbang bahwa kunjungan sedang menghitung menurut statistik WEN.RU batin, counter batin harus ditempatkan pada halaman yang dikunjungi dari sebuah situs".
Apabila kamu enggan baca Agreement, dan ingin langsung daftar langsung saja masukkan alamat http://wen.ru/?reg,,yes,en via HP atau http://wen.ru/html/?reg,,yes,en via PC. Berikutnya akan muncul beberapa kolom yang tampilannya seperti berikut.
----------------
Essential fields marked as "*"
Login*: ?

Password*: ?

E-Mail*: ?

[register]
----------------
Isi kolom Login dengan nama yang kamu inginkan, nantinya inilah yang akan jadi nama situs kamu dan username saat kamu akan login. Kemudian pilih domain yang kamu inginkan, disini ada beberapa pilihan misalnya wen.ru/wen.su/wen9 .com/wen9 .net/wen9 .net/wen9.org/dum.su/fiz.su/hak .su/kan.su/koz.su/muk.su/nab.su /puz.su/tep.su/zat.su.
Di kolom kedua kamu masukan pasword/kata sandi apa aja yang mudah kamu ingat.
kemudian kolom terakhir isi dengan alamat email kamu, kalau kamu gak /belum punya e-mail silahkan masukkan e-mail yang tidak valid seperti abc@def.ghi lalu
klik [register]. Tapi kamu harus jangan sampai lupa password. Jika kamu berhasil mendaftar, maka akan muncul pemberitahuan yg tampilannya seperti ini
--------------
Site http://namasitus.wen.ru/ was succesfully build.
Control panel
--------------
Tapi jika setelah registrasi tetap kembali ke halaman registrasi dan ada keterangan 'Error! This login (site) already exist' atau lainnya berarti kamu harus mengulanginya lagi, kemungkinan nama dan domain yang kamu isikan sudah dipakai oleh orang lain atau, coba kamu ganti nama/user atau domainnya. Ulangi terus hingga succesfull, perlu diingat ! jangan memakai huruf kapital, pakailah huruf kecil semua dan tanpa spasi.
Setelah mendapat pemberitahuan succesfull itu berarti wapsite kamu sudah jadi hanya saja wapsite kamu masih kosong.
Untuk langsung mengedit situs kamu klik 'Control panel' atau masuk di http://wen.ru via HP atau http://wen.ru/html via PC, selanjutnya pilih site management. Untuk pintasan alamat login via HP seperti diatas adalah http://wen.ru/?sm,,en atau http://wen.ru/html/?sm,,en via PC. Dan cobalah kamu usahakan untuk mempelajari WML, HTML, dan xHTML-code, karena hampir semua halaman wapsite khususnya wen.ru memakai kode tersebut tapi kalau kamu belum tau sama sekali kamu masih bisa editing by hands on lines.
Kamu juga bisa browsing WapMaster di internet.
O ya kalau situs kamu sudah jadi jangan lupa tambahkan link ke profil facebook saya di friend link situs kamu yah....urlnya http://facebook.com/nurhaha
Jika kamu kesulitan dalam membuat wapsite kamu bisa kirim pertanyaan pada kolom komentar dibawah ini . Insya Allah saya jawab, Marilah kita bersilaturahim lewat dunia maya yang tiada batas ini. Selamat Mencoba!
Selain wen.ru dibawah ini ada beberapa wapbuilder (penyedia layanan wap) yang bisa kamu coba.
xtgem.com (Utk edit page suport bahasa Indonesia)
peperonity.com (Tidak suport html code dan javascript)
multiply.com
wapamp.com
prodigits.co.uk
itsmy.com
mywapblog.com
dan masih banyak lagi yg lainnya, tinggal kamu googling aja di internet. Untuk cara mengedit dan mengotak-atik wapsite
yang salah satu keuntungan untuk kita bisa kita gunakan sebagai tempat downlowad, kita di beri ruang penyimpanan file sebesar 200MB untuk satu wapsitenya, file yang bisa kamu simpan diantaranya adalah: file-file aplikasi, permainan, musik, thema, filem/video dll insya Alloh akan kami tuliskan sebuah catatan lagi, ceritanya b.e.r.s.a.m.b.u.n.g nih hehehe;
Terima kasih atas perhatiannya!

<ź))))><..' `..ľ..' `..ľ><((((ź>

WEN.RU
Создай свой WAP-сайт здесь!
Make your WAP-site here!

Что это? | What is it?
Почему выбирают нас?
Правила использования
31.12 Новости проекта

* * *
Регистрация
Registration
=======
Управление сайтом
Site management

* * *
Форум
Помощь(FAQ)
Баннерообменная сеть
Обратная связь

* * *
Зарегистрировано:
Всего: 105484
Сегодня: 246
Login
Forgot password
Login:
Password:

Home

1 comment:

  1. terima kasih banyak kang infonya, saya juga sedang belajar membuat wap

    ReplyDelete

Proudly Powered by Blogger.