Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tuesday, September 20, 2011

puisi puisi

by insulindea  |  in puisi at  9:10 AM

Ayah

Pada puisi ijinkan aku ayah
Bercerita tentang gerimis yang
Mengiringi kepergianmu
Atau hujan yang membasahi pilar nisanmu
Pohon kamboja mulai meranggas
Meski bunga kecil berteduh di bawah daun-daun kering
(Puisi ini untuk Mengenang enam tahun Kepergian Abu Tercinta dan puisi ini pernah dimuat di majalah SABILI tahun 2001, Semoga semangatmu selalu menjelma dalam tubuh kami anakmu.)
Pada puisi aku datang ayah
Bukan hendak menggugat takdir kematianmu
Atau menghujat sangat pemilik maut
Kali ini ingin aku katakan
Kepergianmu adalah pelajaran tanpa kamus
Perenungan panjang untuk dipahami
Bahwa hidup adalah pembuktian
Tuk wujudkan syukur dan sabar
Ketika harus menjalani skenarioNya
Pada puisi aku akan kembali menemui ayah
Lewat goresan pena
Yang mengajariku tentang arti kematian
Bila esok telah kutemukan
Muara kasihNya tak bertepi
Akan kuceritakan kembali
Sepuluh malam kepergianmu
Dan sepuluh bunga yang masih berteduh
Di bawah pohon-pohon kamboja
Oleh : Nur Atik Kasim
Hari ini Ayah, alm. berulang tahun, entah apa yang bisa aku berikan padamu.. bahkan untuk menulis pun hampir-hampir tak bisa, dan aku pun akhirnya mengambil tulisan orang untuk aku simpan di sini..
ada hal-hal yang pasti tak pernah terlupakan, belum sempat lagi aku meminta maaf atas segala salah.. aku yang hampir tak pernah bisa akur denganmu, aku yang kadang tak peduli dengan kabarmu, dan aku juga yang hampir tak pernah mengikuti apa yang kau inginkan.
apakah bisa aku ada sedang kau tak ada, aku siap dalam ketidak-siapanku.. aku tak bisa menggantikan apa yang kau miliki, aku tak bisa merubah apa yang aku miliki sebagai dirimu.. sebenarnya, aku belum siap, dan mungkin tak kan pernah siap..
maafkan aku karna tetap tak bisa memberikan apapun bagimu.

IBU

Ibu...adalah wanita yangtelah melahirkanku merawatku membesarkanku mendidikku hingga diriku telah dewasa
Ibu...adalah wanita yang selalu siaga tatkala aku dalam buaian tatkala kaki-kakikubelum kuat untukberdiritatkala perutkuterasa lapar danhaustatkala kuterbangundi waktu pagi, siangdan malamIbu...adalah wanita yangpenuh perhatianbila aku sakitbila aku terjatuhbila aku menangisbila aku kesepianIbu...telah kupandangwajahmu diwaktutidurterdapat sinar yangpenuh dengankeridhoanterdapat sinar yangpenuh dengankesabaranterdapat sinar yangpenuh dengan kasihdan sayangterdapat sinarkelelahan karenaakuAku yang selalumerepotkanmuaku yang selalumenyitaperhatianmuaku yang telahmenghabiskan airsusumuaku yang selalumenyusahkanmuhingga muncultangismuIbu...engkau menangiskarena akuengkau sedih karenaakuengkau menderitakarena akuengkau kurus karenaakuengkau korbankansegalanya untuk akuIbu...jasamu tiadaterbalasjasamu tiada terbelijasamu tiada akhirjasamu tiada tarajasamu terlukisindah di dalam surgaIbu...hanya do'a yang bisakupersembahkanuntukmukarena jasamutiada terbalasHanya tangiskusebagai saksiatas rasa cintakupadamuIbu..., I LOVE YOU SOMUCHjuga kepada Ayah...!!

{Love}

I Love you how you are
And whatever was and happened you are the one I Love, You are...
My wife, you the one I Love, you are...
You are my legal right, I am not afraid of an envy who is keen in hating me...
Time has permitted us without interuption love...
You have palnted love in my heart by good will And happiness vanishes if you left But life becomes flourishing when you arrive...
I spend the whole day in tiredness, and when I Come home and see you, all my sorrows vanish...
If you are became unhappy, my life becomes very sad, Then I try hard to make you happy and achieve what you desire...
You are my joy so enjoy, the warmth of my love as long as you live cause our souls were united as land and plant...
You are my hope and were I want to be, And my happiness an inspiration...
My life stays beautiful no matter what sadness comes in the days, As far as you stay happy...
You are my hope and were I want to be, And my happiness an inspiration...
My life stays beautiful no matter what sadness comes in the days, As far as you stay happy...
I Love you as you are...
I Love you how you are...
And whatever was and happened you are the one I Love, You are...

{Mungker}

ikrar janjimu,
disaksikan malaikat serta SANG PENGUASA ALAM.
Maka detik ini,
biarlah Allah yang urus,yang memutuskan.
Apa saja ya Allah,
kami akan menerima,karna keputusanMU,karna rencanaMU,karna jalan cerita hidup dia,hanya Kau yang tahu,
maka detik ini,setelah ikhtiyar telah kami jalani,
kami ikut mauMU saja,,,,
dan demi surya yang ada dalam penguasaanMU,
kami tidak akan sudi mengingat tutur kata palsumu.


Gundah

Lirih bergi,,malam mulai menyelimuti langkah pagiku.ku terpaku nan membisu,merasakan kesesalan,hari" bahagia itu hilang tanpa suatu kenangan,ku d tertawakan oleh kicau burung d ranting pohon,dia mengusik dia mengejek,dia mentertawakan keadaanku....saat itu pula ku kenang keanehan dalam diriku.kau hadir d setiap aku mengingat dirimu..kau layaknya seperti mimpi,tp menggundahkan lahan tepi hati,kau layaknya alam hayati tapi membombardir sanubariQ, kau tak setajam pisau,tapi bisa menusuk jiwa ini...
Y Robby....
Ada apa dengan diriku ini?kenapa hamba tak berdaya menghadapinya? Walau tiada bukti & saksi nyata d setiap rasa d dada,namun d dasar hati ini tak pernah terhapus rasa cinta..cinta memang aneh tapi nyata,cinta memang tak harus bersama,dan cinta bisa mengundang seribu rindu.perasaanku kacau saat bayangan wajahmu menghantuiku....
Hari demi hari nama dan raut wajahmu selalu hadir membuka fikiranku tuk selalu mengingatmu...
Sungguh....aku tiada tahan lagi menanggung beban ini,karena cinta manusia bisa semangat dan karena cinta kadang manusia bisa gila...mungkinkah itu semua telah terjadi pada diriku?karena aku telah berlabuh dalam lautan cintamu...
Aku tak menyangka semua ini bisa terjadi??
Aku sadar aku hanya manusia yang kurang dari segala galanya..tapi tak bisa ku pungkiri karena cinta tak memilih ruang hati,siapa saja bisa jatuh cinta termasuk diriku ini... Y Robby...ternyata aku telah mencintai tanpa sepengetahuanya,trnyata aku telah merinduinya tanpa sepengetahuanya...
Y Robby...salahkah bila hamba mencintainya? Dosakah hamba bila hamba mencintainya?
Terima kasih atas kehadiranmu d sisiku,terima kasih atas cintamu...
Biarlah kan ku simpan rasa ini sampai ajal datang menjemputQ...kini q tau arti cinta yg sesungguhnya.berat tuk ku tinggalkan kebersamaan itu..
Aku rindu kamuu...
Aku butuh kamuu...
See you...
Semoga Tuhan mempertemukan kita lagi...aamiin
yang selalu merinduimu...

{subhanalloh}

Hidup tdk slalunya indh,langt tk slalu crah,suram mlm tk brbntang,itulah lukisan alam..
Jadilah seprti rumput yg lemah lembut,tk rapuh dipukul ribut,seprti karang didasar lautan,tk brserakan di hantam ombak dan badai nan ganas...
Senantiasalah didlm susah dan senang itu tetap mengabdi kpd Illahi Robbi,brsujud kpdNya,dzikir kpdNya,niat hnya krnaNya,,wlau dlm keada'n apapun itu...
Tp trkdang qt ini dikala senja,susah,mendrita dan mlarat slalu memohon ampunan dan prtolongn Alloh,tp di kala pagi,senang,bhagia,kaya,dan mudah,qt lupa kpdNya yg tlh mencptakn qt...
Qt tlh tau apa tjuan qt hdup,qt tlh tau apa yg sharusnya qt lakukn,tetapi knyataan nya??iblis lbh pntar dri manusia.....
Dan itulh manusia.....

{hilank}


tersenyumlah saat kau mengingatkanku

karn saat itu qk sgt merindkanmu

dan mngis lh saat kau mrindukan ku

krna saat itu qk tdk brada d'smpink mu

tp pejam kanlah mata indh mu itu

krna saat itu qk akan tersa ada d'dkt mu

krna qk tlah brda d'hti mu untk slma'y

tak ada yg tersisa lg untuk ku

selain kenangan'' terindh bersma'u

mata indh yg dgn'y qk bsa mlhat keindhan cinta

mata indh yg dahulu milikku kini semua'y tersa jauh meninggalkan'ku

khdupan trsa kosonk tanpa keindhan'mu

hati,cinta,dan rinduku adl milik'mu

cinta'mu takan pernah membebaskan ku

bgaimna mungkn qk bsa terbnk mencri cinta yg lain saat syap'' qk t'lah patah karna'mu

cinta'mu akan tetp tinggal bersma ku hingga akhir hayat ku

dan stlah kematian hingga tangan TUHAN akan mnyatukan kita lgi

betapa pun hati tlah terpikat pd sosok terang dlm kegelapan yg tengah menghdupkan sinar dlm hidup'ku

namun tak dpat menyinari dan menghangtkan persaanku yg sesunggh'y

qk tdk pernah menemukan cinta yg lain slain cintamu

karn mereka tak tertndingi oleh sosok terang dlm jiwaku

kau takan pernh terganti bgaikan pecahan logam mengakal'kan kesunyian,kesendrian,dan kesedihan

KINI QK TLAH KEHILANGAN'U...............



{Apa jeleknya jadi santri?}

Apa jeleknya jadi santri?
Ada sebagian bnyk org yg meremehkan status "santri" dgn melontarkan pertanyaan-pertanyaan meremehkan.
" kalo mondok, dan jadi santri kamu mw makan apa nanti? "
ya makan nasi, sm sprt mrk yg bukan "santri".
Q blm dngr ada santri kelaparan.
Pagi ini....
Ketika sy duduk-duduk di beranda bersama mama,bapak,simbah putri dan jg adik sy.
Bpk bercerita ttg temannya.
Namanya pak Haimin.
Haimin kcl tdklah bersekolah. Melanjtkan pendidikan di pesantren. Kakak dan adiknya pun tak ada yg melanjtkan sekolh. Ada seorg tetangga yang menggunjingkan kelwrg "Haimin".
" satu keluarga kok nda ada yg sekolh, mw makan ap merka?" ejek tetangga.
Waktu berputar, dan terus mengalir.
Sepulang dr pesantren Haimin jd pak kyai yg di segani, jg memiliki santri.
Suatu hari, ketika hari raya 'idul fitri dtg.
Pak K.Haimin menyiapkan hidangan yg ckp bnyk. Bermcm-mcm. Ada sate,gulai, pokoknya bnyk mkanan lezat tersaji di meja makan. Pak K.Haimin menyuruh santrinya menjemput tetangganya yang dl pernh mengejek keluarganya.
Tetangganya pun dtg dgn wjah bngng krn tdk mengetahui maksd undanganya.
Stlh dtg, Pak K.Haimin menyuruh tetanggany it memasuki ruang makan dan di persilahkan memakn apapun yg tersaji di meja makan.
Ahirnya... Tetangganya ingat akan kata"nya dulu dan menangis.
Sungguh Alloh itu Maha Kaya lagi Maha pemberi.
Rizki Alloh it bs dtg dr mana sj yg dikehendakiNYA. Tak harus lewat ijazah.
Kisah ini sgt menyentuh hati ku...
Mudah"n bermanfaat bgi siapapun yg membcnya.
Amiin...

0 komentar teman:

Proudly Powered by Blogger.